ANALISIS KINERJA SISTEM - Cobit (PRE TEST VCLASS)
Ayuanita 11114899 4KA08
PRE
TEST Cobit (VCLASS)
Apa yang Anda ketahui
mengenai COBIT (Control Ojective for Information and Related Technology)?
Jawab:
Cobit
(Control Objective for Information and related Technology) adalah merupakan
kerangka panduan tata kelola TI dan atau bisa juga disebut sebagai toolset
pendukung yang bisa digunakan untuk menjembatani gap antara kebutuhan dan
bagaimana teknis pelaksanaan pemenuhan kebutuhan tersebut dalam suatu
organisasi. COBIT memungkinkan pengembangan kebijakan yang jelas dan sangat
baik digunakan untuk IT kontrol seluruh organisasi, membantu meningkatkan
kualitas dan nilai serta menyederhanakan pelaksanaan alur proses sebuah
organisasi dari sisi penerapan IT.
Cobit
berorientasi proses, dimana secara praktis Cobit dijadikan suatu standar
panduan untuk membantu mengelola suatu organisasi mencapai tujuannya dengan
memanfaatkan IT. Cobit memberikan panduan kerangka kerja yang bisa
mengendalikan semua kegiatan organisasi secara detail dan jelas sehingga dapat
membantu memudahkan pengambilan keputusan di level top dalam organisasi.
Cobit
digunakan secara umum oleh mereka yang memiliki tanggung jawab utama dalam alur
proses organisasi, mereka yang organisasinya sangat bergantung pada
kualitas,kehandalan dan penguasaan teknologi informasi.
Cobit memiliki 4 Cakupan
Domain :
1. Perencanaan dan
Organisasi (Plan and Organise)
Domain
ini mencakup strategi dan taktik yang menyangkut identifikasi tentang bagaimana
TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian tujuan bisnis
organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur
teknologi yang baik pula.
2. Pengadaan dan
Implementasi (Acquire and Implement)
Untuk
mewujudkan strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh
dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.
3. Pengantaran dan
Dukungan (Deliver and Support)
Domain
ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari
operasi pada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan
training.
4. Pengawasan dan
Evaluasi (Monitor and Evaluate)
Semua
proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan
kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.
Maturity model adalah suatu metode untuk mengukur level pengembangan
manajemen proses, yang berarti adalah mengukur sejauh mana kapabilitas
manajemen tersebut. Seberapa bagusnya pengembangan atau kapabilitas manajemen
tergantung pada tercapainya tujuan-tujuan COBIT yang. Sebagai contoh adalah ada
beberapa proses dan sistem kritikal yang membutuhkan manajemen keamanan yang
lebih ketat dibanding proses dan sistem lain yang tidak begitu kritikal. Di
sisi lain, derajat dan kepuasan pengendalian yang dibutuhkan untuk
diaplikasikan pada suatu proses adalah didorong pada selera resiko Enterprise
dan kebutuhan kepatuhan yang diterapkan.
Penerapan
yang tepat pada tata kelola TI di suatu lingkungan Enterprise, tergantung pada
pencapaian tiga aspek maturity (kemampuan, jangkauan dan kontrol).
Peningkatan maturity akan mengurangi resiko dan meningkatkan
efisiensi, mendorong berkurangnya kesalahan dan meningkatkan kuantitas proses
yang dapat diperkirakan kualitasnya dan mendorong efisiensi biaya terkait
dengan penggunaan sumber daya TI.
Maturity model dapat
digunakan untuk memetakan :
1. Status
pengelolaan TI perusahaan pada saat itu.
2. Status
standart industri dalam bidang TI saat ini (sebagai pembanding)
3. Status
standart internasional dalam bidang TI saat ini (sebagai pembanding)
4. Strategi
pengelolaan TI perusahaan (ekspetasi perusahaan terhadap posisi pengelolaan TI
perusahaan)
Tingkat kemampuan
pengelolaan TI pada skala maturity dibagi menjadi 6 level:
1. Level
0(Non-existent)
Perusahaan
tidak mengetahui sama sekali proses teknologi informasi di perusahaannya.
2. Level
1(Initial Level)
Pada
level ini, organisasi pada umumnya tidak menyediakan lingkungan yang stabil
untuk mengembangkan suatu produk baru. Ketika suatu organisasi kelihatannya
mengalami kekurangan pengalaman manajemen, keuntungan dari mengintegrasikan
pengembangan produk tidak dapat ditentukan dengan perencanaan yang tidak
efektif, respon sistem. Proses pengembangan tidak dapat diprediksi dan tidak
stabil, karena proses secara teratur berubah atau dimodifikasi selama
pengerjaan berjalan beberapa form dari satu proyek ke proyek lain. Kinerja
tergantung pada kemampuan individual atau term dan variasi dengan
keahlian yang dimilikinya.
3. Level
2(Repeatable Level)
Pada
level ini, kebijakan untuk mengatur pengembangan suatu proyek dan prosedur
dalam mengimplementasikan kebijakan tersebut ditetapkan. Tingkat efektif suatu
proses manajemen dalam mengembangankan proyek adalah institutionalized,
dengan memungkinkan organisasi untuk mengulangi pengalaman yang berhasil dalam
mengembangkan proyek sebelumnya, walaupun terdapat proses tertentu yang tidak
sama. Tingkat efektif suatu proses mempunyai karakteristik seperti; practiced,
dokumentasi, enforced, trained, measured, dan dapat
ditingkatkan. Product requirement dan dokumentasi perancangan selalu
dijaga agar dapat mencegah perubahan yang tidak diinginkan.
4. Level
3(Defined Level)
Pada
level ini, proses standar dalam pengembangan suatu produk baru
didokumentasikan, proses ini didasari pada proses pengembangan produk yang
telah diintegrasikan. Proses-proses ini digunakan untuk membantu manejer, ketua
tim dan anggota tim pengembangan sehingga bekerja dengan lebih efektif. Suatu
proses yang telah didefenisikan dengan baik mempunyai karakteristik; readiness
criteria, inputs, standar dan prosedur dalam mengerjakan suatu proyek,
mekanisme verifikasi, output dan kriteria selesainya suatu proyek. Aturan dan
tanggung jawab yang didefinisikan jelas dan dimengerti. Karena proses perangkat
lunak didefinisikan dengan jelas, maka manajemen mempunyai pengatahuan yang
baik mengenai kemajuan proyek tersebut. Biaya, jadwal dan kebutuhan proyek
dalam pengawasan dan kualitas produk yang diawasi.
5. Level
4(Managed Level)
Pada
level ini, organisasi membuat suatu matrik untuk suatu produk, proses dan
pengukuran hasil. Proyek mempunyai kontrol terhadap produk dan proses untuk
mengurangi variasi kinerja proses sehingga terdapat batasan yang dapat
diterima. Resiko perpindahan teknologi produk, prores manufaktur, dan pasar
harus diketahui dan diatur secara hati-hati. Proses pengembangan dapat
ditentukan karena proses diukur dan dijalankan dengan limit yang dapat diukur.
6. Level
5(Optimized Level)
Pada
level ini, seluruh organisasi difokuskan pada proses peningkatan secara
terus-menerus. Teknologi informasi sudah digunakan terintegrasi untuk
otomatisasi proses kerja dalam perusahaan, meningkatkan kualitas, efektifitas,
serta kemampuan beradaptasi perusahaan. Tim pengembangan produk menganalisis
kesalahan dan defects untuk menentukan penyebab kesalahannya. Proses
pengembangan melakukan evaluasi untuk mencegah kesalahan yang telah diketahui
dan defects agar tidak terjadi lagi.
REFERENSI
MATERI:
Komentar
Posting Komentar