Teori Organisasi Umum; Usaha Kecil Menengah

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

Kelompok 2
                                            Anggota Kelompok:
                             Ari Baruna Nepa               11114532
                             Aryo Rizki Nugroho           11114719
                               Ayuanita                          11114899
                              Baby Syifa A F                 11114948
                            Bimo Adi Nugroho
                            Euva Ismalia Maulatin       13114676
                             Fadhil Rabbani                 13114740
                            Hagai Pantoro
                         Helmi Gunawan                    14114876
                            Idzham Dewandaru           15114088
                             Kristianto                          15114923
                           Manasye Endrico               16114343
                                                      Mutia Salfa Nandiani          17114677
                            Novita Sari                        18114089
                            Nury Akbar S                    18114293 
                                                         Tua Raja N                       

2KA08

SURVEY USAHA MIKRO KECIL – MENENGAH




UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



    KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT. Dan dengan rahmat dan karuanianya, MAKALAH TEORI ORGANISASI UMUM (USAHA KECIL MENENGAH) ini dapat kami buat sebagai tugas kami. Sebagai bahan pembelajaran kami dengan harapan dapat diterima dan di pahami secara bersama.

Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah TEORI ORGANISASI UMUM. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.

Akhirnya kami dengan kerendahan hati meminta maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun penguraian makalah kami. Dengan harapan dapat di terima oleh Bapak/Ibu dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses pembelajaran kami.






Depok,  November 2015





Penulis




BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Seiring dengan kemajuan zaman, telah banyak terjadi perubahan disekitar kita. Salah satunya adalah persaingan dalam dunia bisnis yang sedemikian ketat, hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan atau bahkan memproduksi produknya lebih bagus mutu nya lagi. Sehingga pemilik perusahaan akan memutar otak mereka untuk lebih kreatif pada produk yang akan dijualnya, sehingga para konsumen tertarik untuk membelinya. Contoh persaingan yang terjadi dapat dilihat pada produk boneka kayu.

Dengan melihat kesadaran masyarakat yang cukup tinggi terhadap kenyamanan barang produksi tersebut maka banyak peminat boneka kayu yang bermutu dan berkualitas tinggi. Dengan banyaknya ragam pilihan boneka kayu maka calon pembeli/konsumen juga akan lebih banyak pertimbangan konsumen akan membeli boneka kayu yang keunggulannya banyak dan harga yang tidak terlalu tinggi.

1.2       Manfaat Penulisan

         Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah:
             1. Bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam wirausaha.
             2. Dapat mengkaji lebih dalam tentang jenis produk berbahan dasar kayu yang                          diminati konsumen.
                   3.    Bermanfaat sebagai suatu proses belajar untuk mengetahui cara berwirausaha.
                   4.    Untuk menambah kreatifitas.
                   5.    Memotifasi diri sendiri agar bisa sukses dalam berwirausaha.



BAB II
PENDEFINISIAN


2.1    Definisi UKM

UKM disingkat usaha kecil menengah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000,- termasuk tanah dan bangunannya tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut keputusan Presiden RI no. 99 th. 1998 pengertian usaha kecil adalah “Kegiatan Ekonomi Rakyat” yang beresiko kecil dengan bidang usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.


2.2    Jenis-jenis UKM

                 1.    Usaha Manufaktur
         Usaha yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsumen. Jika bingung contohnya adalah seperti konveksi yang menghasilkan mebel, hiasan rumah, souvenir, dan sebagainya.

                 2.    Usaha Dagang
                Usaha yang menjual produk kepada konsumen. Contohnya adalah pusat jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.

                3.    Usaha Jasa
           Usaha yang menghasilkan jasa, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing, searching, blogging, atau yang lainnya.


BAB III
PEMBAHASAN

1.1 Biografi

Ø  Nama pemilik           : Faiz Sadad
Ø  Umur                         : 19 tahun
Ø  Alamat                       : Perumahan Grand Depok City, sektor alamanda
  B3 no. 6
Ø  Tahun berdiri           : 2008
Ø  Nama toko                : Bokumi

1.2 Sejarah

      Sejarah usaha bokumi ini adalah bokumi sendiri berdiri pada tahun 2008. Pada tahun 2008 bokumi ini diciptakan oleh Temi. Temi itu sendiri adalah nama dari ayah sang pemilik usaha. Nama bokumi sendiri ialah boneka kayu temi.

      Awal terciptanya bokumi ini sendiri sebenarnya adalah hasil dari kejenuhan dan keisingan yang gemar menggambar. Biasanya kita hanya bisa menggambar ditembok, di kertas, dikanvas adalah hal yang sangat sudah biasa, nah dari situlah si pemilik usaha menciptakan media baru untuk menggambar dan melukis pada sebuah kayu. Kita bisa menggambar dan melukis yang menghasilkan boneka kayu yang 3 Dimensi dan tentunya bisa di eksplor 360 derajat yaitu depan, belakang, dan samping.

         Bokumi baru dirilis pada tahun 2011 pada bulan Maret. Bokumi juga sempat fakum pada tahun 2013. Pada tahun 2014-2015 si pemilik usaha melanjutkan usahanya kembali dan memproduksi produknya lagi.

1.1 Hasil Kunjungan


Gambar diatas adalah dimana kami berada dirumah sekaligus toko sang pemilik usaha bokumi. Usaha tersebut berdiri sejak tahun 2008. Usaha tersebut menghasilkan mainan boneka dari kayu.

Awal modal yang dikeluarkan pemilik untuk membangun usaha tersebut adalah sekitar Rp 40.000.000,-  Cara penjualan bokumi ini dalah melalui pesan online. Pendapatan yang dihasilkan per-bulan nya sekitar Rp 10.000.000,- sampai Rp 20.000.000,-

Produk-produk Yang Dihasilkan


Awal mula bokumi berdiri sampai sekarang, bokumi hanya menghasilkan bentuk boneka kayu lonjong dan bulat saja.



 




            Tetapi seiringnya berjalannya waktu, saat ini bokumi telah berkembang dan menghasilkan produk baru. Yaitu topeng dan sandal bakiak. Tapi sayangnya hanya sedikit orang yang tahu produk terbaru ini. Karena topeng dan sandal bakiak ini belum dirilis atau dikeluarkan di pemasaran.

Porsi Penjualan

Media penjualan bokumi ini adalah online, bokumi bisa habis dijual per-bulanya adalah kurang lebihnya terjual 100 bokumi dalam sebulan.

Harga Jual




Pembuatan Bokumi



Gambar diatas adalah bahan baku dari pembuatan bokumi. Bahannya itu adalah limbah kayu palet. Kayu palet biasa digunakan untuk pengiriman paket, biasanya kayu ini dibuang begitu saja setelah digunakan dan jumlahnya pun cukup banyak. Nah dari pada hanya menjadi sampah, pemilik usaha pun menyulap sampah tersebut menjadi barang yang berkualitas yang menghasilkan uang.


Sebelum dibuat bentuknya, kita desain dahulu dibuku atau dikertas. Gambar atau karakter apa yang akan digambar diatas boneka kayu nanti.








Kemudian bentuk kayu kemudian gambar sesuai permintaan pembeli.


Alat melukis bokumi


Setelah jadi, bokumi siap dikirim ke para customer.



Toko atau Tempat Penyimpanan Bokumi

 

 






Bokumi Mengadakan Pameran dan Workshop

 




BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan
Nama bokumi adalah kepanjangan dari nama boneka kayu temi. Temi adalah nama ayah dari si pemilik usaha tersebut. Bokumi diciptakan pada tahun 2008, dan baru saja dirilis pada tahun 2011. Awal mula didirikannya bokumi mengeluarkan modal kurang lebih Rp 40.000.000,- dan hasil atau pemesanananya bisa mencapai 100 bokumi per bulan. Media penjualan bokumi menggunakan media online. Barang dipesan melalu media sosial kemudian dikirim kepada si customer.

Saran
Saran dari kelompok kami adalah jika kita ingin membuka usaha kita harus bersabar, karena bokumi pun juga pernah sempat fakum selama setahun. Lebih banyak menggunakan media online agar penjualan produk bisa tersebar luas ke mata customer.



Daftar Pustaka


Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Sosial Dasar; Pengertian, Fungsi dan Keterkaitan Agama Dengan Masyarakat

Audit Teknologi Sistem Informasi

Peng. Teknologi Sistem Cerdas; JARINGAN SYARAF TIRUAN (Neural Network)